Daftar Berita/Artikel Diterbitkan

Wednesday, July 13, 2016

15 Juli 2016, Perbaiki Arah Kiblat

 Kementerian Agama menghimbau kaum muslim di seluruh tanah air yang ingin menentukan ataupun memperbaiki arah kiblat untuk menyesuaikan dengan bayang-bayang benda, tepatnya pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2016 pukul 16.27 WIB atau pukul 17.27 WITA.
Karena saat itu, menurut data Astronomi matahari melintas tepat di atas Ka’bah, sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah ke Ka’bah, demikian dilansir kemenag.go.id.
Sebagaimana disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syarian Ahmad Tambrin, Rabu (13/7), berdasarkan tinjauan astronomis/falak, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk meluruskan arah kiblat di antaranya menggunakan kompas, theodolit, serta fenomena posisi matahari melintas tepat di atas Ka’bah yang dikenal dengan istilah Istiwa A’zam atau Rashdul Kiblat.
Untuk menggunakan teknik Rashdul Kiblat, Tambrin menyampaikan ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan yaitu; Pertama, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul; Kedua, Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata; dan Ketiga Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI dan Telkom.

No comments:

Post a Comment