Daftar Berita/Artikel Diterbitkan

Monday, August 8, 2016

Jimmly Ashiddiqie Sebut Alasan Ahok Ogah Cuti Tidak Kuat


WD - Alasan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) untuk untuk tidak cuti dan tetap bisa mengawal APBD tidak kuat. Sebab, tanpa Ahok sekalipun, roda pemerintahan daerah tetap bisa berjalan.

Hal tersebut disampaikan Jimly Ashiddiqie yang juga Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Bahwa ketentuan cuti bagi calon petahana yang diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota merupakan kewajiban.

"Kami serahkan ke MK saja menilainya bagaimana. Tapi aturan mengenai cuti sifatnya bukan hak tapi kewajiban yang harus dipenuhi untuk mencegah conflict of interest supaya petahana tidak menggunakan fasilitas negara untuk urusan pribadi berkampanye. Itu maksudnya," kata Jimmly di kompleks Parlemen Jakarta, Senin (8/8).

Sebelumnya Ahok mengajukan banding ke MK. Dia memprotes ketentuan yang diatur Pasal 170 ayat 3 UU Pilkada tersebut ke Mahkamah Konstitusi. Ahok menolak cuti dengan alasan tidak mau kampanye dan akan mengawal pembahasan APBD. Ia pun ingin cuti tersebut sebuah pilihan yang boleh tidak dilakukan.

"Negara jalan terus. Konstitusi dipisahkan dari pejabatnya. Presiden pun kalau berhalangan ada wakil, negara sebagai konstitusi jalan terus. Maksudnya UU mencegah konflik kepentingan. Itu sejarahnya. Jangan disalahtafsirkan," jelas mantan Ketua MK tersebut.


sumber: jpnn.com

No comments:

Post a Comment