Daftar Berita/Artikel Diterbitkan

Sunday, August 7, 2016

Menurunnya Indeks Demokrasi Indonesia Akibat Minimnya Pendidikan Politik


WD - Pasang surut perjalanan demokratisasi di tanah air sudah dimulai sejak lama. Belum lama ini anggota tim ahli Indeks Demokrasi Indonesia (IDI), Musdah Mulia, mengatakan bahwa Indeks Demokrasi Indonesia menurun dari skala 73,04 menjadi 72,82. Menurut Musdah Mulia, hal tersebut ditengarai terjadi karena masyarakat Indonesia masih belum menerima kekalahan dalam berpolitik.
 
“Inilah yang selalu membuat demokrasi di Indonesia semakin merosot dan tergerus. Masyarakat Indonesia masih tidak terima jika kalah dalam berpolitik, ” ungkap Musdah seperti dilansir dari Radio Idola, baru-baru ini.


Selain itu, yang saat ini tengah menjadi sorotan akbiat menurunnya indeks dekokrasi di Indonesia adalah terkait kebebasan berkeyakinan juga konflik antar warga. “Ada yang merasa tidak terima jika berbeda keyakinan. Padahal, urusan agama kan urusan seseorang dengan Tuhan,” imbuhnya.


Saat ini, Indonesia memasuki tahun ketujuh penerapan demokrasi reformasi. “Tapi, kita masih perlu melakukan konsolidasi dalam demokrasi. Apalagi demonstrasi selalu didengung-dengungkan tetapi ujungnya terjadi konflik kericuhan,” tandas Musdah.

Kemarahan masyarakat inilah yang disebabkan karena kesejahteraan di Indonesia belum merata. Kembali ditegaskan Musdah, “inilah tantangan kita bagaimana pemerintah aware terhadap rakyatnya. Karena wakil rakyat dipilih masyarakat, untuk menyuarakan keinginan masyarakat, dan untuk menyejahterakan masyarakat,” tutup Musdah.


sumber: suaramerdeka.com

No comments:

Post a Comment